Saturday, October 17, 2020

Hari Baru, Semangat Baru, Cerita Baru

Terkadang kita perlu memaksakan diri untuk bergerak maju dan tak terlena dengan alasan macam-macam. Entah alasan sakit, capek, bosan, kesal, dst. Apapun alasan itu, toh hidup harus jalan terus khan? Paling tidak, prinsip itu membuat kita lebih berani untuk lanjutkan perjalanan dan kehidupan. 

Semalam setelah sempat terbangun, akhirnya malah jadi susah tidur lagi dan jadilah mengobrol panjang dengan PakSu soal macam-macam. Termasuk obrolan panjang membahas aspek psikologis dan gambaran kepribadian dari 2 orang mantan Presiden Indonesia yang terakhir. Edannn...berat amat ya topik menjelang tidurnya, sampai baru tidur jam 12 malam.  Tapi memang menarik loh! 

Dengan tahu gambaran kepribadian para pemimpin tersebut, kita jadi memahami mengapa mereka mengambil keputusan-keputusan dan langkah-langkah tindakan seperti yang kita tahu bersama. Dan diakhir obrolan, kami mencoba mengambil hikmah buat diri sendiri, bahwa walau ada banyak tantangan yang dihadapi atas keputusan-keputusan yang kita ambil, kita harus bisa cepat move on. 

Tak usah sesali begitu berlebihan dan penuh drama, segala hal yang ada dibelakang. Cepat ambil hikmahnya. Jangan habiskan energi kita dimasa tersebut. Toh masa lalu tak bisa diubah. Hal penting yang bisa dilakukan adalah ambil pembelajaran dari situ untuk menjadi bekal menghadapi tantangan dimasa kini dan masa depan. Resep itu yang bisa membantu kita menjadi lebih bahagia.

Ku bayangkan kalau kehidupan iitu ibarat aku sedang menikmati buah kesukaanku, lemon. Yang bila gigitan pertama terasa begitu kecut, lantas menjadi kapok tidak mau melanjutkan gigitan berikutnya, maka kita akan kehilangan vitamin C yang teramat bermanfaat bagi tubuh kita. Perubahan kearah yang lebih baikpun tak akan pernah terjadi dalam hidup kita. 

Yuk, kita lanjutkan perjalanan lagi. Ubah cara berpikirmu. Percikkan lagi semangatmu yang baru, untuk bisa melanjutkan cerita indahmu yang baru. Ayo, habiskan buah lemonmu!

No comments:

Post a Comment

Ibuku Sayang

Ibuku sayang.... Yang walau bertambah tua, bertambah keriput, bertambah pencemasnya, bertambah lambat pergerakannya, bertambah macam-macam k...